ﻪﺘ ﺎﮐﺮﺒﻮ ﷲ ﺔﻤﺤﺮﻮ ﻢﻜﻴﻟﻋ ﻢﻼﺴﻟﺍ

Selamat Datang di http://nasutions.blogspot.com/
Blog ini hanyalah bersifat pribadi dan dibuat juga sekedar iseng sambil belajar, jadi sangatlah wajar jika isinya hanya sebatas ilmu penulis yang sangat sedikit. Semua ini hanya mengisi waktu luang disamping kesibukan bekerja dan dorongan kewajiban untuk berda'wah meski hanya satu ayat, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca dan penulisnya, Amin ya Arhamarrohimin.
"Saran serta kritik membangun sangat kami harapkan dari pengunjung".
Hak Cipta Sepenuhnya milik Allah SWT, Wassalam.

Sabtu, Maret 01, 2008

Timbulnya Golongan Ahlusunnah

Ahlusunnah Wal-Jamaah timbul pada Abad ke III Hijrah, dimana waktu itu di tanah Arab banyak sekali ajaran-ajaran Tauhid yang sebagiannya sudah menyimpang daripada ajaran Islam, sampai-sampai ada yang berpendapat Tuhan adalah Makhluk, Semua perbuatan manusia ditentukan oleh manusia sendiri, berlebih-lebihan dalam mencintai sahabat dan sebagainya. Maka Ahlusunnah Wal Jamaah berusaha untuk kembali meluruskan semuanya dengan berpatokan kepada Al-Qur'an dan Hadist. Faham Ahlusunnah Wal Jamaah dipelopori oleh Imam Abu Hasan Al-Asy'ari yang mempunyai nama lengkap Abu Hasan Ali bin Ismail bin Abi Basyar Ishak bin Salim bin Ismail bin Abdillah bin MUsa bin Bilal bin Abi Burdah bin Abi Musa Al-Asy'ari (yang terakhir adalah seorang sahabat dalam zaman Rasulullah SAW) untuk selanjutnya diteruskan oleh Murid beliau yang bernama Imam Mansyur Al-Maturidi.
Beliau lahir di Basrah (Iraq) tahun 260 H, atau 55 tahun setelah meninggalnya Imam Fiqh (Syafi'i RA), Bapak tiri beliau adalah seorang ulama dalam faham Mu'tazilah, dan beliau keluar dari faham Mu'tazilah dan mendirikan faham Ahlusunnah Wal Jamaah dan faham-faham ini sampai kepada kita zaman sekarang ini (khususnya Indonesia) banyak menganut faham Ahlusunnah Wal Jamaah dalam hal Tauhid dan juga mayoritas pemeluk Islam diseluruh dunia.
Suatu ketika beliau naik keatas mimbar dan berpidato : "Saya adalah Abu Hasan Al-Asy'ari dan selama ini saya mengikut faham Mu'tazilah dan saya keluar dari faham ini" sebagaimana saya membuang baju ini", sembari beliau membuka bajunya serta melemparkannya.
Sejak saat ini beliau berjuang dengan lisan maupun tulisan, berdebat dan bertanding untuk kembali kepada Tauhid Islam sehingga nama beliau masyhur sebagai Imam Tauhid. Beliau mengarang kitab Ushuluddin lebih dari 200 kitab dan diantara kitab-kitabnya yang terbesar adalah :
  • Al-Mujaz
  • Al-Ibanah fi Ushuluddiyanah
  • Maqolatul Islamiyin

Disamping beliau, maka muridnya Imam Mansyur Al-Maturidi juga mempunyai andil besar dalam menyebarkan faham Ahlusunnah Wal Jamaah, dan pada abad-abad berikutnya muncul pula ulama-ulama yang menyebar luaskan faham ini, diantaranya :

  • Imam Abu Bakar Al-Qaffal
  • Imam Abu Ishak
  • Imam Al-Baqilani
  • Imam Al-Hafiz Al-Baihaqi
  • Imam Al-Haramain
  • Imam Al-Qhosim
  • Imam Al-Ghozali
  • Imam Fahruddin
  • Imam Izzuddin bin Abdus Salam dan seterusnya.

Dasar untuk menentukan Hukum Dalam Bidang Tauhid (Ushuluddin) sesuai yang diajarkan oleh Imam Al-Asy'ari adalah 4, yaitu :

  1. Al-Qur'an
  2. Hadis
  3. Ijma'
  4. Qiyas

Selanjutnya dalam blog ini apa yang kami sampaikan adalah sesuai dengan apa-apa yang kami dapat di pengajian dan ketika duduk di bangku madrsyah dahulu yaitu Tauhid dengan berpatokan kepada Ahlusunnah Wal Jamaah. (Wallohu A'lam, bersambung)