ﻪﺘ ﺎﮐﺮﺒﻮ ﷲ ﺔﻤﺤﺮﻮ ﻢﻜﻴﻟﻋ ﻢﻼﺴﻟﺍ

Selamat Datang di http://nasutions.blogspot.com/
Blog ini hanyalah bersifat pribadi dan dibuat juga sekedar iseng sambil belajar, jadi sangatlah wajar jika isinya hanya sebatas ilmu penulis yang sangat sedikit. Semua ini hanya mengisi waktu luang disamping kesibukan bekerja dan dorongan kewajiban untuk berda'wah meski hanya satu ayat, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca dan penulisnya, Amin ya Arhamarrohimin.
"Saran serta kritik membangun sangat kami harapkan dari pengunjung".
Hak Cipta Sepenuhnya milik Allah SWT, Wassalam.

Selasa, Januari 22, 2008

Fiqh-2 Rukun Dan Sifat-sifat Sholat


Rukun dan sifat-sifat sholat adalah ia terkandung didalam 4 (empat) perkara, yaitu :


  1. Rukun, dikerjakan pada Hakikat Sholat
  2. Syarat, dikerjakan diluar sholat
  3. Sunnat Ab'ad, Menyertakan dengan Sujud Syahwi (jika terlupa)
  4. Sunnat Hay-at, Tidak menyertakan Sujud Syahwi (jika terlupa)
  • Adalah Wajib hukumnya untuk bagi seorang Islam yang telah balig dan berakal untuk mengetahui yang mana yang Wajib dan yang mana Sunat dalam Pelaksanaan Sholat, demikian pendapat Imam Syafi'i, Imam Nawawi dan Imam Ghozali.
  • Jika ia seorang yang awam, maka wajib baginya untuk meng-iktikadkan bahwa semua rukun sholat adalah wajib, demikian pendapat ulama Syeikh Ibnu Hajar dan Asnawi.

Jika diibaratkan tubuh manusia, maka Rukun adalah kepalanya manusia, Syarat adalah jiwanya manusia, Ab'ad adalah adalah kaki dan tangannya manusia dan Hay'at adalah rambutnya manusia. Perbedaan ibadahnya manusia dan malaikat adalah dalam hal Sholat, jika malaikat beribadah adalah satu-satu maksudnya jika ia diperintah untuk sujud, maka ia akan sujud terus, jika diperintahkan untuk membaca tasbih, maka iapun akan tasbih terus, lain halnya manusia, kadang dia sujud, kadang dia bestasbih, ada dia berpuasa dan lain sebagainya. Untuk itu jadilah manusia sebagaimana manusia, jika diperintah untuk sholat, maka sholatlah dan jangan sampai kita dibangkitkan dari kubur nanti berubah wujud selain manusia, sebab Rasulullah SAW pernah bersabda "Barang siapa yang berbangkit dari kubur bukan berbentuk manusia, maka dia bukan ummatku".

Bermula daripada Imam Nawawi menetapkan Rukun sholat adalah 13 (tiga belas) yakni Thoma'ninah bukan rukun namun pelaksanaan dari rukun yang juga berarti tidak sah sholat jika tidak disertai dengan thoma'ninah. Jika ulama yang lain mengatakan Rukun Sholat adalah 17 (tujuh belas), maka perbedaannya adalah Thoma'ninah, dimana ulama yang lain mengatakan bahwasanya Thoma'ninah adalah bagian dari rukun. Dan adanya Thoma'ninah itu pada 4 (empat) tempat yaitu :

  1. Pada Waktu Ruku'
  2. Bangkit dari Ruku' (I'tidal)
  3. Sujud
  4. Duduk diantara dua sujud

Yang disebut dengan thoma'ninah adalah berhenti sebentar dari gerakan yang satu ke gerakan berikutnya sekedar mengucap "Subhanalloh".

Adalah Urutan daripada Rukun Sholat yang 13, yaitu :

  1. Niat
  2. Berdiri bagi yang mampu
  3. Takbiratul Ikhram
  4. Membaca Surah Al-Fatihah
  5. Rukuk dan Thoma'ninah
  6. Iktidal dan Thoma'ninah
  7. Sujud dan Thoma'ninah
  8. Duduk antara dua sujud dan Thoma'ninah
  9. Sujud yang kedua dan Thoma'ninah
  10. Duduk pada tasyahud akhir
  11. Membaca sholawat pada tasyahud akhir
  12. Salam yang pertama ke kanan
  13. Berurutan

Pasal Tentang Niat, Wallohu A'lam, Bersambung