ﻪﺘ ﺎﮐﺮﺒﻮ ﷲ ﺔﻤﺤﺮﻮ ﻢﻜﻴﻟﻋ ﻢﻼﺴﻟﺍ

Selamat Datang di http://nasutions.blogspot.com/
Blog ini hanyalah bersifat pribadi dan dibuat juga sekedar iseng sambil belajar, jadi sangatlah wajar jika isinya hanya sebatas ilmu penulis yang sangat sedikit. Semua ini hanya mengisi waktu luang disamping kesibukan bekerja dan dorongan kewajiban untuk berda'wah meski hanya satu ayat, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca dan penulisnya, Amin ya Arhamarrohimin.
"Saran serta kritik membangun sangat kami harapkan dari pengunjung".
Hak Cipta Sepenuhnya milik Allah SWT, Wassalam.

Jumat, Mei 02, 2008

Tauhid, Iman dan Aqidah



Tauhid, Iman dan Aqidah sering kita dengar dalam keseharian dan untuk kita yang masih awam kadang membingungkan akan kita akan apa yang dimaksud dengan Tauhid, Iman dan Aqidah. Untuk itu kita akan membahas secara sekilas akan makna dari 3 (tiga) kata tersebut.
Tauhid
Tauhid, dasar katanya adalah Wahidun (ﺪﺤﻮ) artinya satu, ditambah ta (ﺖ) didepannya menjadi (ﺪﺤﻮﺘ) yang berarti "engkau menjadikannya satu" atau "engkau jadikan sesuatu menjadi satu" dan dalam hal ini yang dimaksud adalah "Engkau iktikadkan Tuhan Allah itu Satu". Dalam arti yang luas, Tauhid itu adalah Ilmu yang mempelajari tentang ke-Esaan Allah SWT.
Iman
Iman dalam arti sempit adalah Percaya, dan ke-Iman-an yang dimaksud dalam Islam adalah "Engkau ikrarkar dengan lidah, engkau yakini dengan hati dan engkau amalkan dengan perbuatan". Dan hal ini hanya bisa dicapai jika terlebih dahulu kita mempelajari Ilmu Tauhid, maka kita akan beriman kepada Allah dan selalu meng-Esakan akan Dia.
Aqidah
Aqidah artinya Pegangan Hidup, yang berarti "engkau sudah mempelajari Ilmu Tauhid, dan Engkau sudah ber-Iman, maka engkau sudah mempunyai pegangan dalam hidup ini dan tidak akan sesat langkahmu dalam setiap detik yang kau dapati dalam dunia yang fana ini.
Wallohu 'A'lam, bersambung