ﻪﺘ ﺎﮐﺮﺒﻮ ﷲ ﺔﻤﺤﺮﻮ ﻢﻜﻴﻟﻋ ﻢﻼﺴﻟﺍ

Selamat Datang di http://nasutions.blogspot.com/
Blog ini hanyalah bersifat pribadi dan dibuat juga sekedar iseng sambil belajar, jadi sangatlah wajar jika isinya hanya sebatas ilmu penulis yang sangat sedikit. Semua ini hanya mengisi waktu luang disamping kesibukan bekerja dan dorongan kewajiban untuk berda'wah meski hanya satu ayat, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca dan penulisnya, Amin ya Arhamarrohimin.
"Saran serta kritik membangun sangat kami harapkan dari pengunjung".
Hak Cipta Sepenuhnya milik Allah SWT, Wassalam.

Jumat, Desember 28, 2007

Kewajiban Menuntut Ilmu




Mungkin kita sering bertanya-tanya dalam hati, sebatas manakah kewajiban kita dalam menuntut ilmu? Adalah setiap pekerjaan yang wajib untuk kita kerjakan dalam kehidupan ini, maka wajib pula hukumnya untuk menuntut ilmunya dengan kata lain :
  • Kita diwajibkan untuk bertauhid, maka wajib hukumnya bagi kita untuk mempelajari ilmu tauhid.
  • Kita diwajibkan untuk sholat, maka wajib pula hukumnya bagi kita untuk menuntut ilmu tentang sholat.
  • Kewajiban untuk mengeluarkan zakat, wajib hukumnya bagi kita untuk menuntut ilmu tentang zakat.
  • Begitu juga dengan Puasa, Haji, Jihad jika sudah sampai kewajiban atas kita dan sebagainya, adalah merupakan kewajiban bagi kita ummat Islam untuk menuntut ilmunya sebatas pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang diwajibkan bagi kita.

Selanjutnya sebatas apa kewajiban kita dalam menuntut ilmu tersebut?

  • Tauhid, wajib atasmu untuk mensyahkan iktikad dan membersihkan tauhidmu. Bagaimana jika saya menuntut ilmu tauhid supaya saya bisa membatalkan agama selain Islam dan dengan ilmu itu saya membantah sesuatu yang bid'ah dengan sunnah? Maka hal tersebut adalah hukumnya Fardhu Kifayah.
  • Tidak dibolehkan (diharamkan) bertengkar dalam mempermasalahkan hukum agama dan boleh jika kita menyampaikan pendapat. Pernah ada kejadian, dua orang bertengkar masalah Usholli (fiqh), padahal dua-duanya tidak ada yang sholat.
  • Sholat, diwajibkan kepada kita semua untuk mempelajarinya, dari Istinja' , rukun wudhu, rukun sholat, yang membatalkan wudhu, sholat, yang makruh atasnya, sah dan batalnya sholat.
  • Zakat, wajib hukumnya untuk mempelajari nisabnya, apa2 yang diwajibkan untuk dikeluarkan zakatnya, berapa ukurannya, berapa besarnya dan seterusnya. Di suatu kampung ada seorang petani dimana padinya sudah dia jual setelah selesai di rontokkan, dan kemudian dia membeli beras yang bagus untuk selanjutnya mengeluarkan zakatnya. Sepintas pekerjaannya kita lihat adalah pekerjaan yang bagus, tetapi tetap saja tidak syah, sebab padi yang dibayarkannya bukan lagi padi yang diambil dari sawahnya.
  • Puasa, wajib kita tuntut ilmunya, dari mana puasa dimulai, kapan waktu berbuka, apa yang membatalkan puasa, sunat puasa serta makruhnya. Dulu saya pernah punya kawan, beliau ini puasa sunat terus menerus setiap hari dan anehnya beliau ini tidak sholat, semua ini mungkin karena kekurangan kefahaman akan ilmu sholat dan puasa, mana diantara keduanya yang harus didahulukan.
  • Haji, diwajibkan menuntut ilmu haji, syarat dan rukunnya, kapan kita ihkram, kapan kita tawaf dan seterusnya, itulah yang belakangan ini disebut dengan Mansik Haji.
  • Wajib mengetahui yang disebut dengan Ikhlas.
  • Wajib mengetahui ilmu jual beli akan barang yang dibeli dan barang yang dijual.
  • Perkara Muamalah (nikah, talak dan sebagainya), adalah kewajiban bagi kita semua untuk mempelajarinya.

Wallohu 'A'lam. -nst-