ﻪﺘ ﺎﮐﺮﺒﻮ ﷲ ﺔﻤﺤﺮﻮ ﻢﻜﻴﻟﻋ ﻢﻼﺴﻟﺍ

Selamat Datang di http://nasutions.blogspot.com/
Blog ini hanyalah bersifat pribadi dan dibuat juga sekedar iseng sambil belajar, jadi sangatlah wajar jika isinya hanya sebatas ilmu penulis yang sangat sedikit. Semua ini hanya mengisi waktu luang disamping kesibukan bekerja dan dorongan kewajiban untuk berda'wah meski hanya satu ayat, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca dan penulisnya, Amin ya Arhamarrohimin.
"Saran serta kritik membangun sangat kami harapkan dari pengunjung".
Hak Cipta Sepenuhnya milik Allah SWT, Wassalam.

Selasa, November 06, 2007

Menuntut Ilmu

Tahun 1992, ketika penulis diberi hidayah oleh Allah SWT untuk kembali bisa melaksanakan perintahnya, maka penulis berusaha untuk sebanyak mungkin melaksanakan ibadah, baik yang wajib maupun yang sunat. Hingga pada Ramadhan tahun itu dan pada suatu ketika selesai sholat subuh dengan gagahnya saya berdiri dan sedikit rasa riya (karena yang lain pada duduk) untuk melaksanakan sholat Ba'diah. Kejadian ini berlangsung beberapa waktu kedepannya, hingga akhirnya saya mendapat ilmu tentang itu, bahwasanya tidak ada sholat sunat setelah sholat subuh kecuali sholat yang mempunyai sebab (misalnya : tahiyatul masjid, sholat dhuha, dst) kecuali di Masjidil Haram Makkah, maka sholat sunat tidak ada batasannya. Melihat persoalan tersebut diatas, maka semakin yakinlah kita bahwasanya Ilmu adalah merupakan pondasi dari segala amal perbuatan, tadinya bagi saya mungkin suatu perbuatan yang baik, orang lain yang memandang saya tertawa dan Allahpun tidak menerima.
Kejadian-kejadian seperti ini sering kita jumpai didalam kehidupan khususnya dalam masalah Fiqh, Suatu ketika saya menuju Pekanbaru dengan seorang bapak2 yang sudah lumayan tua dan ketika sampai di Sidempuan dan disaat maghrib tiba saya menjamak Sholat Maghrib dan Isya dan saya lihat bapak tersebut tidak sholat dan saya bertanya akhirnya dia menjawab : Saya tadi sudah mengQodho solat maghrib di waktu ashar tadi. Dan ketika ada pengajian dikampung saya barulah dia bertanya alm. kepada guru saya dan diterangkan oleh beliau bahwa tidak ada Qodho sebelum masuk waktu dan sebaiknya sholat tersebut adalah di Jamak takdim atau Jamak Takhir.
Kadang ada orang yang mashbuk (terlambat datang berjamaah) tidak menambah kekurangan sholatnya ataupun tidak mengetahui batas yang harus ditambah dan dikurangi.
Yang lebih Fatal (masalah Tauhid), ada seorang kawan saya yang mengatakan bahwa semua Agama didunia ini sama, dengan dalil semuanya menuju kepasar, hanya saja lewat jalan yang berlainan. Nauzu billah min dzalik
Untuk itu kepada kaum Muslimin sekalian marilah kita sama-sama menuntut ilmu supaya kita bisa beramal dengan baik di dunia ini, moga2 Allah SWT mengampuni dosa dan kesalahan-kesalahan kita dimasa lalu.